yandex

Wapres KH. Ma’ruf Amin Mendukung Liverpool di Tengah Keterpurukan Manchester United

Wapres KH. Maruf Amin Mendukung Liverpool
Wapres KH. Maruf Amin

Di tengah kesibukannya sebagai ulama dan kampanye Pemilihan Presiden 2019, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin ternyata masih memperhatikan perkembangan sepak bola dunia. Pria 76 tahun ini punya klub jagoan saat ini yaitu Liverpool.

Wapres KH. Maruf Amin Mendukung Liverpool
Wapres KH. Maruf Amin

Pengetahuannya tentang klub-klub sepak bola lumayan update. Termasuk isu-isu terkini yang tengah melanda sejumlah klub besar Eropa.

Nah, bicara soal klub favorit wapres, ternyata ada satu fakta menarik di mana Wapres Ma’ruf Amin ini dengan jujur mengakui sudah ‘berpindah ke lain hati’ dari yang awalnya mendukung salah satu klub ke klub lain.

Momen terungkapnya fakta ini diketahui dari sebuah potongan video wawancara salah satu televisi swasta nasional, yang sedang viral.

Dalam wawancara dengan Liputan6 TV bersama presenter Dazen Vrilla sebelum dilantik menjadi wakil presiden, Ma’ruf Amin mendapat beberapa pertanyaan ringan mulai dari makanan kesukaan, gaya berpakaian favorit hingga sepak bola.

Khusus pertanyaan soal sepak bola, Ma’ruf Amin ditanya klub mana yang disukai saat ini, Liverpool atau Manchester United (MU). Dengan cepat Ma’ruf Amin menjawab Liverpool. Pria kelahiran Tangerang itu dulunya mendukung MU. Namun seiring menurunnya prestasi Setan Merah, Ma’ruf Amin sekarang lebih menyukai Liverpool.

“Sekarang Liverpool-lah, dulu MU. MU kalah terus, sekarang Liverpool lagi naik daun. Iya Pilih yang menang. MU sudah lama kalah terus. Malah sekarang yang bagus Manchester City,” kata Ma’ruf Amin.

Wapres KH. Maruf Amin Mendukung Liverpool
Wapres KH. Maruf Amin Sekarang Mendukung Klub Liverpool

Ya, prestasi MU memang menurun drastis sejak manajer Sir Alex Ferguson pensiun tahun 2013. MU tidak pernah menjuarai Liga Inggris lagi. Bahkan mereka malah sering absen berlaga di Liga Champions.

Prestasi terbaik MU sejak ditinggal pensiun Ferguson hanya menjuarai Piala FA, Piala Liga Inggris dan Liga Europa.

Sedangkan Liverpool baru saja menjuarai Liga Champions musim lalu. The Reds juga berpeluang juara Liga Inggris musim ini. Mereka kini kokoh di puncak klasemen Liga Inggris dengan delapan kemenangan dan sekali imbang.

Dalam satu momen ini, si pewawancara menanyakan, “Suka bola nih Bah” (Abah adalah panggilan akrab KH Ma’ruf Amin) tanya si presenter, yang dijawab Ma’ruf Amin, “Ya suka.”

“Oke, pertanyaan selanjutnya nih. MU atau Liverpool,” tanya presenter. Pertanyaan ini dijawab dengan jujur oleh sosok kelahiran 11 Maret 1943 ini.

“Sekarang Liverpool. Dulu MU,” yang lalu dibalas oleh presenter, “Sudah berpindah haluan rupanya.”

Wapres KH. Maruf Amin Mendukung Liverpool
Wapres KH. Maruf Amin

Ma’ruf Amin lalu menjelaskan alasannya sekarang mendukung Liverpool, “Ya karena MU kalah terus, sekarang Liverpool lagi naik daun.” Presenter lalu menimpali “Jadi pilih yang menang terus ya Bah ya. Gak setia ke MU Bah?”

Yang lalu pertanyaan tersebut dijawab Ma’ruf Amin, “MU sudah lama kalah terus.”

Ma’ruf Amin baru saja dilantik sebagai Wakil Presiden RI ke-13 mendampingi Joko Widodo sebagai Presiden RI. Ma’ruf Amin menggantikan Jusuf Kalla. 

Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin memenangi Pilpres 2019 setelah bertarung sengit dengan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.